Hari Terakhir Ujian Nasional

by Galih Putrantyo, 21.57, No comment
Hari Terakhir Ujian Nasional.

Alhamdulilah akhirnya saya merasa sudah tidak ada beban lagi di sekolah, ibarat burung elang yang baru mahir terbang ingin terbang sebebas-bebasnya.

4 Hari ujian nasional telah berlalu, hari demi hari melaksanakan ujian nasional penuh dengan rintangan apalagi matematika, melihat soalpun saya berasa mual.

Saya bukan siswa yang menonjol di akademik, tapi menonjol di anunya..maksudnya pemikiran.

     Hari pertama ujian nasional, 4 April 2016
Mata pelajaran Bahasa Indonesia, tidak ada halangan yang berarti, soal-soalnya cukup mudah. Intinya harus teliti dalam membaca soal. Tips dari saya, jika ada soal cerita baca dulu perintah diminta baru cari jawaban di cerita. Cara ini lebih efektif daripada baca soal cerita baru baca soal.

     Hari kedua,
mampus gue..matematika menn. Selama saya duduk di bangku smk kelas 3, nyaris ga ada matematika yang masuk ke otak. Hahaha goblok banget saya ini. Beberapa soal saya kerjakan dengan bantuan teman (baca:nyontek). Sebagian soal ada yang mirip dengan yang lain, sebagiannya lagi random. Setengah soal belum saya kerjakan, rumusnya gatau pisan. Mana waktu udah mau habis, akhirnya kesepakatan bersama. Kita pake jurus ngasal hahahaha. Ada yang jawab A semuaa, ada yang B semuaa, Ada yang C semua, dan D semua pun adaa. Kalo saya sih pake jurus yakin, baca soal lihat jawaban. Pilih yang yakin, udah gitu aja. Ilmu yakin ini saya dapetin dari kawan saya Giga Yordas waktu konsultasi UN,  kebetulan dia di atas angkatan saya.

      Hari ketiga, Bahasa inggris....
Diawali dengan sesi listening 15 soal, agak bingung sama suara pembicaranya karena artikulasinya benar-benar artikulasi inggris sana, tentunya kita yang jarang mendengar apalagi berbicara bahasa inggris pasti kesulitan. Misalkan four, di baca fou-. Harapan saya kedepannya artikulasi sesi listening UN bahasa inggris agak lebih mudah, artikulasinya di sesuaikan dengan kebiasaan kita agar lebih mudah mengerjakannya. Yang keluar di soal bahasa inggris ini di antanya conversation, soal cerita, kalimat rumpang dsb. Sama seperti hari pertama, hari ketiga ini soal-soalnya cukup mudah.

     Hari keempat, mata pelajaran kejuruan teknologi komputer jaringan.
Lagi lagi gua pusing, soal kejuruan ini sebagian besar ga pernah gua pelajarin. Njirr, ada perintah linux gua gangerti pisann. Akhirnya gue googling dehhheheheh, sstttt. Dengan diem2 tentunya.
Gua bingung sama soalnya, kebanyakan ga pernah gua pelajarin tapi kok keluar yaa. Atau sekolah gue aja yang emang ga ngajarin, gatau deh .
Dari keempat hari tersebut, di hari pertama dan ketiga rata-rata mengerjakannya cepat. Ga kaya hari kedua dan keempat,  waktu sudah habis baru pada ngumpulin. Jadi kesimpulannya......anda pasti tau.


     Hari terakhir Ujian Nasional
Setelah semua murid selesai melaksanakan UN,  dari kelas TKJ, Broadcast, Administrasi Perkantoran, Akutansi dan Otomotif berkumpul di halaman sekolah. Briefing dari Pak Yudi, beliau menghimbau kepada seluruh siswa agar tidak melakukan kegiatann coret-coretan, dan pawai motor keliling karena akan mengganggu masyarakat sekitar. Serta juga ada briefing dari perwaklian Polsek Pondok Gede, kurang lebih apa yang di bicarakan sama dengan Pak Yudi.

Setelah briefing selesai, kelas saya 12 TKJ 2 a.k.a Nasa Expensive punya acara sendiri.. yaitu LAST NATIONAL EXAM CELEBRATION. Cara kami merayakan hari akhir Ujian Nasional, bukan dengan cara coret coret baju namun dengan coret-coret banner yang di isi tandatangan dengan kesan dan pesan masing-masing siswa 12 TKJ2.

Sukses buat kalian semua, teman yang selalu mengajarkan apa arti sahabat yang sesungguhnya banyak pelajaran yang ku ambil dari kalian. Yang pengen kerja semoga cepet dapet kerja yang baik, yang pengen kuliah semoga dapet tempat kuliah yang baik, dan juga  yang pengen kawin jangan lupa undang-undang semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah.

Ingatt....pengalaman adalah guru terbaik, pelajaran berharga di dunia luar lebih mahal harganya daripada spp sekolah kita.

Salam, Galih Putrantyo a.k.a GALIH24JAM.

Saya bersama Ilham Gayuh di depan banner tandatangan.

Kamis, 7 April 2016. Kelas 12 TKJ 2 (2013-2016) SMK HUTAMA Pondok Gede 
Galih Putrantyo
Hari Terakhir Ujian Nasional - written by Galih Putrantyo , published at 21.57, categorized as Pengalaman . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Akan lebih baik jika komentar bersifat interaktif.

Cancel Reply
GetID
Copyright © 2014 - 2017 galih24jam.web.id by
Theme designed by Damzaky
Powered by Google