Pengalaman Mengasuh Anak Kucing Tanpa Induk

by Galih Putrantyo, 04.09, 40 komentar



Update 25 April 2017, beberapa saran dan masukan dari pengujung di komentar... terimakasih atas masukannya


Waktu itu hari selasa (14/04/2014) gue sedang asyik tidur siang di kasur kesayangan, tiba-tiba terdengar suara seperti bayi. Karena penasaran langsung aja keluar rumah buat nyari tuh asalnya dari mana, beberapa langkah dari rumah tepatnya di gang depan rumah ada bayi kucing berjalan tertatih-tatih sembari merengek, konon katanya frekuensi bayi kucing menangis sama dengan bayi manusia. Siapa sih yang gak iba terhadap bayi yang sedang merengek, di tinggal juga kasihan. Akhirnya gue memutuskan untuk merawat itu kucing, tapi karena belum ada pembekalan apa aja yang harus di lakukan sebelum merawat bayi kucing akhirnya gue cari induk kucing tersebut. Cara nyarinya, gue keliling kampung lalu setiap kucing betina yang gue lewatin gue sodorin tuh bayi, berharap induknya mau membawanya pulang.

Nasib emang nasib, seharian nyariin induk kucing gak ketemu juga. Kemungkinan besar ini bayi kucing di tinggal emaknya karena sering di pegang manusia, kali aja ada anak kecil iseng mainin bayi kucing. Nahh bau manusia nempel ke itu bayi, si induk gak anggap lagi itu bayi karena baunya sudah berubah. Ohya kucing mengenali anaknya, teman satu teritorial dari bau tubuhnya. Atau mungkin juga karena gue sudah megang tuh bayi kucing terlalu lama? Emang iya.

Sementara itu gue siapin kardus, yang bawahnya di kasih kain (sebenarnya baju bekas ibu gue yang gak kepake) serta handuk kecil (punya nenek gue yang ketinggalan di rumah), tekstur pada handuk akan membuat si kucing merasa nyaman karena bulu-bulu handuk.

dokumen pribadi
Sembari mendengarkan nyanyian (rengekan) dari kucing, gue nyari ilmu di google tentang bagaimana cara merawat kucing. gue rangkum di bawah ya!

Cara Pertama: 
Misalkan ada induk kucing lain lagi nyusuin anak-anaknya, coba sisipkan bayi kucing kita, tak jarang ada induk bayi yang mau mengasuh anak kucing lain. Tapi tetap harus dengan cara bertahap, takut induknya menolak dengan kata lain pelan-pelan tapi pasti.
tapi tetap saja kalo pake cara pertama, agak sulit mencari indukan dan juga membutuhkan waktu berhari-hari kasian anak kucingnya gak dapat asupan makanan lebih baik dengan cara kedua.
Cara Kedua:
Cara versi gue sangat murah, membutuhkan biaya namun tidak banyak. Ada beberapa artikel yang pernah gue baca, di situ di tulis kita membeli perlengkapan dan segala macamnya di toko hewan, soal harga bisa di prediksi sendiri ya. 
Siapkan dot + susu khusus bayi kucing alternatifnya beli saja susu sgm untuk bayi umur 0- 6 bulan, jangan susu sembarangan karena susu seperti indomilk/dancow dll mengandung lactosa yang gak bisa di cerna si bayi kucing untuk cara membuat dot bisa lihat disini atau bisa juga pake penyedot bekas obat cair yang ujungnya di tambahkan pentil (gambar bisa di lihat di bawah). Berikan susu kepada kucing hingga kucing puas, kalau di botol/gelas susunya ternyata gak habis letakan aja di kulkas nanti kalau mau di berikan lagi tinggal di hangatkan lagi, cara pemberianya pegang bagian leher bagian belakang agar si kucing diam. Berikan perlahan dari samping mulut, nanti si bayi akan mengira itu bagian nenen si induk, susu harus hangat kalau gak hangat si bayi biasanya kurang suka atau bahkan gak mau minum.

susu sgm untuk bayi kucing
susu sgm (o-6 bulan)

susu bayi kucing
dot+susu 


Pemberian susu ke bayi 3x dalam sehari (Pagi, Siang, Sore/Malam), pemberianya harus bijak soalnya bayi kucing mudah lapar serta mudah kenyang. Kalau sudah di kasih susu letakan si kucing di kardus, ingat ya jika si kucing sudah puas, jika merengek lagi berikan lagi sedikit dari sebelumnya mungkin 1x atau 2x sedot. Lalu letakan lagi, jika sudah diam tapi masih bergerak-gerak biarkan aja. Tutup atas kardus, jangan rapat-rapat biar ada udara yang masuk. Lama kelamaan si kucing akan tidur, nahh di jam pemberian susu selanjutnya buka kardusnya dan jangan heran kalau si kucing nangis lagi, berikan susu seperti sebelumnya. Setiap hari bersihkan bagian bokong si kucing dengan air hangat/alkohol untuk membersihkan bekas pipisnya, pengaplikasianya bisa dengan tissue atau lap lembut. Perhatikan juga kebersihan kandang, jika banyak eek  ganti dengan kain (alas) lain.

dot susu modifikasi dari alat sedot di obat cair.
Pelajaran paling berharga yang gue dapat dari mengasuh anak kucing ini adalah kita menjadi pribadi yang pemberi, jangan mikirin perut sendiri melulu karena masih banyak mahluk hidup lain di luar sana yang keadaanya mungkin lebih prihatin dari kita.

Foto lainya : 

(20/05/2014)





Mau dengar bagaimana suara kucing menangis?



jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berkomentar di bawah, jangan malu-malu.

selamat menjadi pengasuh bayi kucing!
Galih Putrantyo
Pengalaman Mengasuh Anak Kucing Tanpa Induk - written by Galih Putrantyo , published at 04.09, categorized as Pengalaman . And have 40 komentar
40 komentar Add a comment
Fiskonita Fisko
Si kitten matinya knp kak?
Galih Putrantyo
waktu itu satu hari penuh saya lupa memberi susu karena ada kesibukan yg gak bisa dihindari. Malam harinya sebenrnya mau saya berikan susu, tapi ternyata sudah tiada.
Anonim
kasihan banget susu sgm ternyata... klo gk mau minum kenapa?
Reply Delete
Anonim
sedih bgt...:(
Reply Delete
Putri Kumambang Gesang Pratama
Kalau menurut saya, susu sgm nya bukan hanya sekedar susu sgm 0-6 bulan, tapi yang harus ada LLM nya, jadi sgm presinutri + LLM. Karena kalau yg di atas ternyata masih mengandung lactosa.
Galih Putrantyo
Ohh begituu, saya baru tau. terima kasih infonya :)
Reply Delete
Fitria
Untuk pentilnya itu pake apa ya mas yang warna merah ?
Galih Putrantyo
Itu pentil ban sepeda mba fitria, waktu itu saya beli di bengkel sepeda.
Reply Delete
Dinda Anggraini
mau nanya cara ngebuat dotnya dari pipet obatnya itu gimana ya? yang merah itu karet dari barang apa ya? terima kasih sebelumnya
Galih Putrantyo
Pentil ban sepeda, beli di bengkel sepeda ada kok.
Reply Delete
Dedy Sukandar
kasihan tuch kucing,
Galih Putrantyo
Hehe iyaa, terimakasih atas komentarnya. Yang terpenting kita sudah melakukan yang terbaik untuk si kucing, selebihnya kita serahin ke Allah
Reply Delete
Wulan Agustina
Makasih mas, bermanfaat banget sharing pengalamannya.

Kebetulan skrg sy lg ngalamin apa yang diceirtain di atas. Hiks, hari ini terpaksa harus ninggalin si kucing krn kerja seharian. Semoga dia msh bs survive smp sy pualng, ksh susu botol buat dia ;(
Galih Putrantyo
Iya sama2, semoga kucingnya sehat terus yaa :)
Reply Delete
Anonim
Tertarik di sharing ini karena bentuk dotnya... dot kucing yg saya beli di toko pentilnya besar...dia berontak terus tiap dikasih minum.
Reply Delete
pradityan rendy
saya lagi nemu bayi kucing nih tiba" di depan rumah gatau emaknya dimana info dong susu untuk bayi kucing apa makasih
Galih Putrantyo
bisa cek di petshop terdekat hehe
Reply Delete
Azizah Nurse
Saran saya beli susu khusus kucing aja kak.per sachetnya 7 rb.tp gpp juga klo pake susu SGM, asalkan susu SGM yg tidak mngandung laktosa (SGM LLM).pemberiannya 1-2 ml, maksimal 3 ml air susu, dengan frekuensi pemberian tiap 2-4 jam sekali. Sajikan selalu HANGAT. Buat air susu sesuai kebutuhan. Buang jika lebih dari 2 jam
.trus klo mw mrawat kucing tanpa induk, mending di atas kardusnya dkasih lampu 5/10 watt, biar hangat.krn walaupun udah dkasih handuk.bayi kucing bisa kedinginan.
Galih Putrantyo
Terimakasih atas masukannya, semoga bermanfaat buat yang lain :)
Dimaz S.P
Saya pke susu sama ma penulis nih
Reply Delete
Maya Felayati
Cara ngasih susunya gimana ya mas, waktu saya kasih kucingnya nangis terus. Susunya juga pada tumpah gak ketelan semua sama si kucing, pokoknya ribet deh
Galih Putrantyo
Dotnya deketin ke mulut bayi kucing, nanti dengan sendirinya bakal nyedot sendiri. botolnya pegangin sampai bayi kucingnya puas ga nangis lagi. kalau belum mau nyedot juga, pastiin dotnya seperti di atas. karena si bayi kucing bakal ngira itu nenen induknya.
Reply Delete
Reza Gustiani Ratu
Aku juga sama si induknya pindah2in terus anaknya sekarang di bawa pulang lagi tapi cuma satu itu pun si bayi udh lemes banget kasian, bingung juga harus diapain soalnya bayi kucingnya aja blom bisa buka mata usianya baru beberapa hari :(
Reply Delete
Syafana Rifa
Aku juga baru ngalamin bulan kemarin ngerawat bayi kucing tanpa induk. Abis lahiran induknya sama sekali ga mau ngurusin. Tiap 2 jam aku kasih susu growsy, tapi akhirnya bayi kucingnya ga bs bertahan. Paling tidak qt udh berusaha melakukan yang terbaik.
Reply Delete
mags broy
yaah ujungnya sedih. delete mas foto meninggal nya.
Reply Delete
Taufik Iriani
hari ini saya mengalami hal yg sama, mgkn krn ank2 saya suka pegang ank kucing jd induknya tidak mau menyusui anknya krn baunya sudah berubah. saya baru tahu kemarin kenapa induk kucing tidak mau menyusui anknya. hari ini karena saya bekerja sampai sore anak kucing saya tinggal dulu, pas istirahat saya balik pulang dgn membawa dot bayi. saya sedih melihat ank kucing 3 ekor yg ditinggal induknya, dan yg 1 ekor sepertinya sudah sekarat, dan benar saja sewaktu saya pulang siang ank kucing yang 1 ekor itu meninggal, akhirnya saya kuburkan. sisa 2 ekor lagi, dan saya sudah beri susu pakai sendok kecik krn dot yg saya beli kebesaran ujungnya. saya lagi cari akal utk buat dot kucing. nanti saya mau beli pentil sepeda biar ank kucing nya bisa minum susunya dengan baik. semoga yang 2 ekor bisa bertahan.
Reply Delete
rezafadh
Susu nya salah tu! Beri susu yang gak ada laktosa contohnya SGM LLM ATAU SGM Soya!
Galih Putrantyo
Terimakasih mas atas infonya
Dimaz S.P
Emangnya itu mengandung laktosa gan? Ane juga oke itu soalnya
Reply Delete
Irene Adrena
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delete
Eka Randa
Saya mau nanya dong, ini jg sy pngalaman nemu anak kucing dirumah, nah ini sya mau nanya ttg penanganan nya soal mata, anaknkucing ini mata nya yg satu agak picek trs kaya belekan kyanya deh coklat2 gitu. Tp yg sebelah engga, apa ini penyakit ato engga yah? Kan induk kucing suka jilatin anak nya supaya bersih krn lidah kucing pembersih alami, nah ini kan gaada yg jilatin (terlepas saya elap) lebih baik induk nya kan, nah ini gimana yah ada yg bs bantu? Ato punya info ini kena belek berlebihan ato yg lainnya. Makasih
Reply Delete
Anonim
Bang kalo gak ada susu SGM gimana??
Reply Delete
Anonim
Emang harus pake susu SGM ya
Anonim
Sya mau nanya dong.Kmaren saya nemu kucing dekat sekolah saya,itu didalam kardus,terus saya tunggu tu kucing sampe induknya datang,dah lama tunggu ternyata induknya gak datang2.Lalu saya bawa krumah supaya ada yg jagain,Tapi ribet ngerawatnya,belum lagi susunya,dotnya,pokoknya ribet dah.Jadi gimana bang caranya??
Reply Delete
Musthafa Fauzan
Alhamdulillah anak kucing yg di rumah bisa bertahan, masih 5 ekor... Ini lg coba dot model yg dicontohkan...
Reply Delete
deejethea77
Sy jg lg berusaha ngerawat anak kucing ni.. tp kok perutnya buncit bgd ya.. sy jd tkut. Soalnya bca2 artikel itu salah satu ciri cacingan.. mna kurus.. Apakah teman2 ada yg tau, cacingnya bsa pindah ke Manusia apa tdk???
Terimakasih.
Reply Delete

Akan lebih baik jika komentar bersifat interaktif.

Cancel Reply
GetID
Copyright © 2014 - 2017 galih24jam.web.id by
Theme designed by Damzaky
Powered by Google