Preman Berseragam Ormas

by Galih Putrantyo, 02.45, No comment

Pancasila


Organisasi masyarakat (ormas) di sekitar kita ada banyak, sebut saja fpi, pemuda pancasila, laskar merah putih dan 100ribu lebih lainya yang tercatat menurut kementerian.

Apa sih sebenarnya tujuan di bentuknya organisasi masyarakat itu? 
=>Tujuan di bentuknya ormas yaitu sebagai wadah penyalur kegiatan sesuai kepentingan anggotanya, pembinaan dan pengembangan anggotanya, peran serta dalam usaha menyukseskan pembangunan nasional, sarana penyalur aspirasi anggota dan sarana komunikasi sosial diantara anggotanya atau sesama ormas atau dengan organisasi kekuatan sosial politik atau Pemerintah atau dengan yang lainnya. (Sumber : UU No. 8 tahun 1985). 

Yang gue liat di sekitar rumah, adalah hal yang patut gue curigai apa yang di lakukan mereka [ opini ya :) ]. Mereka ormas PP (Pemuda Pancasila) sesekali gue lihat minta "jatah" ke pedagang yang ada di pinggir jalan, biasanya mereka "minta"nya ke pedagang/toko yang belum lama di daerah teritorial pp daerah situ.

Pernah kejadian sekali saat gue lagi di warnet daerah gamprit, ada 2 orang PP ke warnet itu. Waktu itu gue lagi di luar makanya gue lihat dan merhatiin. Ohya warnet itu belum lama buka mungkin baru seminggu makanya gue test drive di warnet itu. Cerdiknya saat bilang ke penjaga warnet itu PP ngunjukin semacam surat mungkin, karena gue penasaran akhirnya gue samperin ke op warnet spik-spiknya sih nanya card reader. Gue perhatiin kertasnya judulnya "iuran **** dst" gue gak tahu kelanjutanya karena ketutup jari-jarinya. Sambil gue merhatiin, obrolan antara PP dan penjaga warnet.
Seinget gua tuh PP bilang: "Kami dari pemuda pancasila perwakilan RW 014, ini ada iuran untuk di sekitar sini" di kasihlah tuh kertas ke op warnet. Sambil ngangguk2 keheranan tuh op, karena masih baru dan takut juga di kasih tuh 15rb. Ini iuran seikhlasnya? Aneh kan :)

Dari situ gue beropini, mereka ini ormas atau apa. Memangnya ada kewenangan meminta iuran ke toko-toko atau usaha lainya, sering gue lewat rumah pak rw yang memang gak jauh dari rumah tapi gak pernah kelihatan tuh yang namanya ormas. Jadi di kemanakan uang hasil "tagihan"??

Di sini PP gak ada tata kramanya, kalaupun ada itupun kalau lagi "nagih". Lagi itu gue lagi beli gorengan ada tuh satu orang berseragam khas pp ke arah gue yang lagi asik nungguin gorengan di masukin ke bungkusan sama abangnya.

Anggota pp itu asal ambil aja tuh gorengan, tanpa permisi maupun ijin lalu pergi lagi. Kemana sopan santunya? Gak pernah makan bangku sekolah kali. Posisi tukang gorengan ini di seberangnya ada tanah kosong, di situ ada pos Pemuda pancasila dengan ciri khas corak marinir jingga. Lalu dimana bentuk nilai-nilai pancasila-nya ya.

 Minggu kemarin, di warnet itu juga ada 2 orang dari laskar antah berantah (gue lupa). Minta sumbagan untuk korban gunung kelud, gue pikir kok korban gunung kelud. Bukanya itu bencana sudah agak lama, ya mungkin niat mereka baik namun itu hanya niat belaka.
Kenapa gak pake alasan yang lebih update lagi, orang yang satunya bilang lah ke itu op warnet yang satunya lagi kaya orang gak profesional minta sumbangan. Asal nyelepos, "nihh proposalnya mau lihat gak?" dari situ gue berpikir lagi, nihh beneran ya mau buat korban bencana atau buat mabok? Ups :)

 Masih banyak cerita lainya yang sudah bertebaran di internet tentang ormas-ormasan yang udah salah jalur. Semoga ormas salah jalur ini cepat di temukan solusi, yang masih jadi pertanyaan apakah mereka itu punya kewenangan buat melakukan itu? Udah jelas di undang-undang kan :)

 Berseragam gak berseragam, berpangkat gak berpangkat yang namanya duit ya pasti mau. Apalagi banyak :)
Galih Putrantyo
Preman Berseragam Ormas - written by Galih Putrantyo , published at 02.45, categorized as Opinion . And have 0 komentar
No comment Add a comment

Akan lebih baik jika komentar bersifat interaktif.

Cancel Reply
GetID
Copyright © 2014 - 2017 galih24jam.web.id by
Theme designed by Damzaky
Powered by Google